7 Aplikasi Kasir Gratis untuk Hp Android Terbaik 2021

Aplikasi kasir atau aplikasi POS (Point of Sales) memiliki peranan penting dalam operasional toko atau usaha UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Aplikasi kasir dapat membantu Anda untuk mencatat transaksi, mengelola stok barang, hingga menghitung keuntungan. Berkat aplikasi POS, laporan penjualan dan pembukuan usaha jadi lebih mudah dilakukan. Aplikasi kasir gratis kini juga tersedia untuk hp Android. Hal ini tentu akan sangat membantu kamu yang lagi jalanin usaha sederhana atau UKM (Usaha Kecil Menengah) di rumah.

Aplikasi Kasir atau POS (Point of Sales)

Aplikasi kasir gratis atau aplikasi POS untuk hp Android kini banyak tersedia di Google Play Store. Aplikasi POS atau Point of Sales adalah sistem yang mendukung transaksi penjualan, dapat mencatat transaksi, menghitung sisa stok barang, dan membuat laporan laba rugi secara mingguan, bulanan, atau tahunan dengan cepat.

Dulunya, sistem POS harus terintegrasi dengan komputer atau cash register (mesin kasir). Namun kini aplikasi kasir bisa digunakan di hp atau tablet dengan sistem operasi Android. Hal ini tentu akan membuat operasional di toko lebih ringkas karena bisa membuat meja kasir terlihat lebih rapih dan bebas kabel berseliweran.

Awalnya, sistem POS atau aplikasi kasir hanya digunakan oleh pengusaha besar dan toko atau retail besar. Aplikasi kasir juga tadinya punya banyak nama, seperti: mesin kasir, program kasir, aplikasi toko, inventory system, dan lainnya. Namun semenjak perkembangan teknologi yang makin pesat, kini aplikasi POS bisa digunakan oleh semua pengusaha baik skala kecil, menengah, hingga besar. Fungsinya pun semakin kompleks, dari yang tadinya hanya berfungsi menghitung transaksi, kini bisa menghitung stok, mencatat rugi laba, hingga membuat laporan bulanan.

Aplikasi Kasir Android Gratis Terbaik 2021

1. Aplikasi Kasir Pintar (Point of Sale & PPOB)

Link Download Aplikasi Kasir Pintar

Kasir Pintar adalah aplikasi kasir atau POS yang didesain untuk menggantikan sistem kasir tradisional. Aplikasi ini membuat pemilik usaha atau UMKM bisa lebih leluasa mencatat transaksi tanpa harus membeli peralatan kasir yang mahal.

Aplikasi Kasir Pintar memungkinkan kamu bisa menyimpan dan update informasi data produk yang dijual kapan saja. Aplikasi ini juga bisa secara otomatis membuat laporan laba rugi dan mengecek stok produk yang tersisa.

Aplikasi Kasir Pintar bisa terhubung dengan printer POS atau printer thermal melalui port USB atau Bluetooth. Tampilan UI/UX aplikasi Kasir Pintar cukup simpel. Ini ditujukan agar petugas kasir bisa mencatat transaksi dengan cepat.

Tersedia juga fitur Auto Sync jika kamu menggunakan lebih dari satu tablet atau hp Android. Yang terakhir, semua data transaksi dan laporan penjualan bisa dibackup sehingga tidak mudah hilang.

2. POS Qasir: Aplikasi Kasir Online untuk UMKM

Link Download Aplikasi Qasir

Qasir adalah aplikasi kasir yang ditujukan khusus untuk UMKM. Ini adalah aplikasi yang bisa membantu kamu mengelola usaha. Qasir adalah aplikasi Point of Sale (POS) gratis dan lengkap. Apikasi ini bisa mencatat transaksi, kelola stok produk, monitor keuangan, hingga melayani pembayaran digital.

Aplikasi POS ini cocok digunakan di usaha makanan dan minuman (F&B), fashion dan kecantikan, mini market, toko elektronik, produk kecantikan dan kesehatan, salon, bengkel, cuci motor dan mobil, laundry, hingga online shop.

Kelebihan dari aplikasi Qasir adalah bisa digunakan secara online dan offline di smartphone atau tablet Android minimal OS Lollipop 5.0. Fitur yang dimiliki aplikasi Qasir adalah: mencatat transaksi, mencetak struk dengan logo usaha kamu, kustomisasi tampilan struk, mencatat semua tipe pembayaran, mengatur stok produk, hingga hitung pajak per produk.

Terakhir, aplikasi Qasir bisa menerima semua pembayaran digital, seperti: ShopeePay, Go-Pay, OVO, DANA, LinkAja, dan Mobile Banking dengan dukungan QRIS.

3. Pawoon: Aplikasi POS Berbasis Cloud

Link Download Aplikasi Pawoon

Pawoon adalah aplikasi kasir atau aplikasi Point of Sale (POS) gratis berbasis cloud. Aplikasi ini membantu kamu untuk mencatat transaksi dengan cepat, menerima berbagai jenis pembayaran, sampai memantau banyak cabang bisnis dan merangkum semua laporan keuangan dalam satu aplikasi. Aplikasi kasir ini cocok untuk bisnis makanan dan minuman, retail, salon, cukur rambut, salon mobil, dan lainnya.

Beberapa fitur unggulan dari Pawoon adalah: memantau penjualan dan stok dari seluruh cabang, manajemen stok, membuat laporan lengkap, dan bisa dioperasikan secara online dan offline. Struk pembelian bisa dicetak dengan printer thermal atau dikirim via email ke pelanggan. Kamu juga bisa memberi hak akses ke masing-masing staf sesuai kebutuhan untuk meminimalisir kecurangan.

Sebagai tambahan, Pawoon juga mendukung fitur Manajemen Pelanggan (CRM). Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengetahui perilaku pelanggan dengan lebih dalam untuk bantu meningkatkan penjualan dan profit.

Kelebihan lain yang dimiliki Pawoon adalah bisa melayani berbagai metode pembayaran, seperti: tunai, kartu debit atau kredit, pembayaran digital (Go-Pay, OVO, DANA, dan LinkAja), dan split pembayaran atau pelanggan bisa menggunakan berbagai macam metode pembayaran dalam satu transaksi.

4. Kasirku: Aplikasi Kasir Gratis

Link Download Aplikasi Kasirku

Kasirku (tadinya Tokoku) adalah aplikasi kasir atau POS yang bisa digunakan di hp Android secara gratis. Aplikasi POS Android gratis ini didesain khusus untuk toko kelontong dan warung. Aplikasi ini tidak membutuhkan biaya berlangganan, tidak ada batasan fitur, dan tetap bisa digunakan secara offline. Aplikasi Kasirku gratis selamanya.

Aplikasi Kasirku punya banyak fitur penting untuk menjalani usaha. Aplikasi ini bisa menyimpan data barang di toko, memindai kode batang, berfungsi sebagai kasir otomatis, dan cetak struk belanja melalui printer Bluetooth. Kasirku juga bisa membuat catatan transaksi otomatis, mendukung multiuser dengan PIN, mengelola daftar piutang, memiliki fungsi backup restore database, dan merangkum performa toko.

Aplikasi Kasirku dirancang untuk pengusaha kecil yang tidak memiliki modal besar. Pengguna bisa menggunakan aplikasi ini tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun dan tidak ada pembatasan fitur. Untuk mendapatkan profit, developer aplikasi menyisipkan iklan pada aplikasi. Namun iklan tersebut bisa dihilangkan dengan mematikan paket data.

5. Aplikasir: Aplikasi POS dan Toko Online

Link Download Aplikasir

Aplikasir adalah aplikasi kasir dan website toko online gratis yang simpel. Selain berfungsi sebagai aplikasi POS, aplikasi ini bisa membuat online shop dengan alamat namatokokamu.tokoa.id. Aplikasir punya aplikasi versi web dan Android yang memudahkan kamu untuk menggunakan aplikasi dari hp, tablet, laptop, atau PC Desktop. Dengan aplikasi POS ini, semua produkmu bisa diupload di website dan mudah ditemukan di internet dan dishare ke media sosial.

Aplikasir memiliki banyak fitur untuk POS, di antaranya: mencatat penjualan, menerima order online, mencatat dan menghitung pembayaran, menerapkan diskon penjualan, hitung biaya kirim, hitung PPN, hingga merekap penjualan.

Dengan Aplikasir, kamu bisa mengelola produk dan stoknya. Tersedia juga fitur untuk mencetak struk penjualan. Cetak struk kompatibel dengan printer thermal Bluetooth. Aplikasi ini support berbagai merk thermal printer. Struk bisa dishare dan download ke berbagai media. Kamu juga bisa rubah catatan kaki struk sesuai keinginan.

6. Stroberi Kasir: Aplikasi Kasir dari Bank BRI

Link Download Stroberi Kasir

Stroberi Kasir adalah aplikasi kasir yang dibuat oleh Bank BRI bersama Dinas Koperindag (Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan) dan Kadin UMKM Kota Malang. Aplikasi ini ditujukan untuk membantu pedagang pasar untuk bertahan di tengah pandemi Covid 19. Aplikasi ini bisa mencatat transaksi, mengelola persediaan barang, dan mendukung tata kelola dan administrasi usaha.

Kamu juga bisa membuat laporan transaksi, pengeluaran, pemasukan, dan lainnya secara praktis. Tanpa perlu kertas dan alat tulis, laporan transaksi bisa didownload sesuai periode waktu yang ditentukan. Pendaftaran Stroberi Kasir sangat mudah, hanya perlu nomor handphone dan nama lengkap saja.

Semua fitur yang ada di aplikasi Stroberi Kasir bisa digunakan secara gratis. Fitur utama aplikasi POS ini adalah: mengelola proses transaksi produk, mengelola stok dan kategori produk, menyediakan laporan harian atau periodik untuk monitoring usaha, dan mencatat biaya atau pendapatan agar lebih termonitor dengan baik.

Bank BRI dan Stroberi Kasir menyediakan pelatihan mengenai menjadi wirausaha brilian. Program pemberdayaan UMKM ini berjalan secara terpadu dan berkesinambungan. Kamu bisa mendapatkan informasi seputar bisnis, komunitas UMKM dan pelatihan, dan dapat berkonsultasi dan mendapat pendampingan dalam mengembangkan usaha.

7. AIO POS: Aplikasi POS Gratis Selamanya

Link Download AIO POS

AIO POS adalah aplikasi POS gratis dan praktis. Aplikasi ini membantu transaksi penjualan lebih mudah, cepat, dan transparan. Aplikasi ini bisa digunakan di semua tipe bisnis, seperti: coffeshop, toko roti, food truck, salon atau cukur rambut, retail, dan lainnya. Aplikasi AIO bisa mengelola data outlet mulai dari melihat detail informasi, menambah dan mengurangi outlet, serta menghapusnya tanpa batasan jumlah.

AIO POS juga bisa mengelola data karyawan tanpa batasan jumlah. Kamu bisa melihat laporan transaksi penjualan secara detail sesuai dengan kebutuhan. AIO POS mendukung cetak nota dengan perangkat WiFI Printer Kitchen. Pemilik usaha bisa mengelola nomor meja layanan konsumen melalui backoffice. Misalnya mencantumkan nomor meja di transaksi pada aplikasi kasir AIO POS.

Terdapat juga fitur draft nota untuk pelanggan yang melakukan pembayaran gabungan atau tertunda. Fitur pembayaran terpisah juga disediakan untuk memecah nota pembayaran sesuai permintaan konsumen. Kelebihan lain dari aplikasi kasir Android gratis ini adalah mendukung eWallet atau pembayaran digital, seperti: OVO, DANA, Gopay, dan LinkAja.

Itulah 7 aplikasi kasir Android gratis dan terbaik di tahun 2021. Setiap aplikasi punya fitur unggulan masing-masing. Aplikasi POS bisa membantu mencatat transaksi, menghitung stok produk tersisa, sampai membuat laporan penjualan secara mingguan, bulanan, atau tahunan. Hebatnya, aplikasi POS Android di atas bisa digunakan secara gratis. Namun untuk kamu yang membutuhkan fitur lebih lengkap, beberapa developer memiliki opsi bayar untuk berlangganan.

Categories: Aplikasi Info
Related Post